Pelatihan ini dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2010 , yang dilaksanakan di Aula PPs UNJ . Adapun pelatihan penelitian Metode Kualitatif NVIVO ini diadakan sebagai sarana pendukung bagi mahasiswa Pascasarjana UNJ , dimana kegiatan penelitian merupakan salah satu tugas seorang mahasiswa pascasarjana . Penelitian berupa tesis atau disertasi dibutuhkan sebagai persyaratan kelulusan Magister dan Doktor . Agar kegiatan penelitian bisa dilakukan dengan baik, perlu disusun rancangan yang tepat mulai dari pralapangan sampai pada analisis data.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, analisis data menggunakan berbagai macam metode, salah satunya adalah kualitatif. Analisis data ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan alat yang disebut dengan Nvivo. Nvivo didisain untuk memudahkan peneliti melihat dan mengatur semua elemen yang terkait dengan penelitian. Jejaring tema yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan mudah ditempatkan sesuai dengan tujuan penelitian.

NVIVO tergolong alat baru dalam menganalisis data kualitatif di lingkungan kampus UNJ. Faktanya di UNJ ini, baru satu hasil penelitian yang menggunakan teknik Nvivo yakni penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Yufiarti, M. Si. untuk pengukuhan guru besarnya pada tanggal 9 Juni 2010 lalu.

Agar NVIVO lebih dikenal dan dipahami mahasiswa Pascasarjana UNJ maka pengurus Forum Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta akan mengadakan kegiatan pelatihan Nvivo sebagai salah satu upaya percepatan studi mahasiswa.

Tujuan kegiatan pelatihan Nvivo ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang analisis data kualitatif menggunakan Nvivo.
2. Melatih mahasiswa menggunakan soft ware Nvivo.
3. Memberikan pilihan cara analisis data yang lebih mudah dan cepat.
4. Mempercepat studi atau proses penelitian mahasiswa.

Adapun Narasumber yang memberikan ceramah dan pelatihan adalah:
bapak Hamid Pattilima ( Dosen metodologi penelitian di Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ ) . Dengan tema "Implementasi Nvivo dalam Dunia Pendidikan” .

bapak Hamid Pattilima membawakan materi dalam Pelatihan NVIVO


Akhirnya , alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dengan peserta dari Mahasiswa Pascasarjana UNJ . Tentunya kami berharap acara ini dapat memberikan pencerahan kepada peserta Pelatihan NVIVO agar dapat memanfaatkan Teknologi dengan tepat guna.

Peserta Pelatihan NVIVO di Aula PPs UNJ

Terima kasih kami ucapkan kepada ketua Panitia acara ini Widia Winata , telah melaksanakan acara ini dengan baik.

Posted by Anonymous on Friday, August 13, 2010

1 Responses to Pelatihan Metode Kualitatif NVIVO

  1. Anonymous Says:
  2. Wah, sayang.... saya baru masuk 2011. Adakah pelatihan Invivo diselenggarakan kembali?

     

Post a Comment